Tuesday, October 15, 2013

Asrama Mahasiswa Trumon Banda Aceh


A. Pendahuluan


Trumon adalah sebuah kecamatan yang terletak paling ujung dari Ibukota Kabupaten Aceh Selatan yang terdiri dari 3 Kemukiman dan 16 Desa/Gampong. Luas wilayah ± 51371 Ha., dengan Jumlah penduduk ± 6329 jiwa yang terdiri dari berbagai suku. Sebagian besar pekerjaan masyarakat adalah sebagai petani, dan nelayan. Trumon memiliki hasil alam yang cukup menjanjikan baik bidang pertanian, perkebunan dan perikanan.

Himpunan Mahasiswa Pemuda Pelajar Trumon (HMP2T) adalah sebuah organisasi kemahasiswaan yang berdiri pada tahun 2003 di Banda Aceh. Pada tahun 1999 jumlah mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi masih sangat sedikit dikarenakan oleh berbagai faktor terterbatasan biaya. Pada tahun 2003 jumlah siswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi terus meningkat. Pada tahun 2007 jumlah angka yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi meningkat drastis mencapai 80% dari persentase kelulusan siswa di SMA Negeri 1 Trumon setiap tahunnya. Jumlah Mahasiswa Trumon di Banda Aceh pada tahun 2009 sudah mencapai ±125 orang yang tersebar di beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta seperti, Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Institut Agama Islam Negeri (IAIN Ar-Raniry), Universitas Abulyatama (UNAYA), Universitas Muhammadiyah (UNMUHA Aceh), Universitas Serambi Mekkah (USM) dan beberapa perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lainnya dengan berbagai jurusan yang diminatinya.

B. Latar Belakang

Pertumbuhan jumlah penduduk yang sangat meningkat dewasa ini mengakibatkan angka siswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi semakin besar. Kondisi masyarakat saat ini di kecamatan trumon sungguh sangat memprihatinkan terutama masalah yang menyangkut pendidikan dan ekonomi. Faktor ekonomi yang sangat terbatas akhirnya membuat setiap kepala keluarga sulit untuk melanjutkan putra-putrinya ke jenjang perguruan tinggi. Di sini perlu adanya sebuah kreatifitas atau ide untuk memberikan kontribusi bagi yang memiliki cita-cita dan minat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Sebuah kemestian bagi setiap individu maupun instansi untuk dapat memberikan kesempatan dan menciptakan sebuah tatanan pendidikan yang seimbang. Untuk itulah kami di sini sebagai bagian dari pelaku mahasiswa merupakan generasi muda yang mencoba untuk berbuat dan berpikir kreatif dalam merencanakan Pembangunan Asrama Mahasiswa Trumon di Banda Aceh untuk dapat memberikan keringanan biaya dalam melanjutkan putra putri masyarakat trumon ke perguruan tinggi.

Di sisi lain saat ini setiap mahasiswa disibukkan oleh berbagai aktifitas yang menyita waktu. Selama proses perkuliahan, ada yang bekerja sebagai buruh bangunan, warung dan lain-lain. Terkadang kesibukan tersebut menyebabkan lupa dengan kewajiban pokok sebagai seorang mahasiswa maka kualitas yang dihasilkan tidak seperti yang di cita-citakan. Hal ini diakibatkan oleh tuntutan biaya hidup yang begitu tinggi.

Melihat kondisi mahasiswa saat sekarang ini yang sangat memprihatinkan, kami menawarkan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut dengan cara untuk membangun sebuah asrama/tempat tinggal bagi mahasiswa yang akan melanjutkan studinya ke bangku perguruan tinggi. Program ini menjadi kebutuhan primer bagi setiap mahasiswa yang hendak melanjutkan pendidikan ke berbagai perguruan tinggi yang tersebar di Banda Aceh dan Aceh Besar. Dengan landasan di atas kami membentuk sebuah program yang bernama ”Pembangunan Asrama Mahasiswa Trumon” di Banda Aceh.

No comments:

Post a Comment